Minggu, 02 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART KELAPA DUA, DEPOK ( Yang Diperbaharui 1 )

Analisi Jurnal Ilmiah Oleh: Dewi Tri Fanny NPM: 34209701

1. Judul: Analisis Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Kelapa Dua, Depok
Pengarang: Rofi'ah, SE, MM
Tahun: 2011

2. Tema: Kepuasan Konsumen

3. Latar Belakang Masalah:
Dalam dunia usaha sekarang, persaingan dibidang bisnis eceran sangat ketat, dan jumlahnya semakin bertambah, maka pihak Alfamart harus tanggap terhadap bagaimana cara memberikan pelayanan yang mempengaruhi konsumen dalam memilih toko untuk berbelanja sehingga konsumen memperoleh suatu kepuasan.

4. Masalah:
- Bagaimanakah pelayanan yang diberikan oleh Alfamart dalam melayani konsumen? Apakah sudah cukup baik atau belum.(Meliputi fasilitas fisik, peralatan, penampilan karyawan, dan materi promosi)
- Apakah para konsumen sudah merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh Alfamart.

5. Tujuan Riset:
Mengetahui seberapa besar pengaruh dari 8 dimensi seperti harga, lokasi, kualitas, atribut fisik toko, sehingga Alfamart dapat menjaring konsumen untuk berbelanja , sehingga konsumen mendapatkan kepuasan ketika berbelanja di Alfamart.

6. Teori dan Penelitian:
Tingkat kepuasan konsumen atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya atau dirasakannya.

7. Metode Penelitian:
Metode Chi Square dan Skala likert

8. Ruang Lingkup Materi
Meliputi:
a. Kepuasan konsumen
b. Service pelayanan yang diberikan Alfamart
c. Tingkat kesesuaian layanan

9. Aktivitas / Kegiatan:
Melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari 8 dimensi seperti harga, lokasi, kualitas, atribut fisik toko, sehingga Alfamart dapat menjaring konsumen untuk berbelanja , sehingga konsumen mendapatkan kepuasan ketika berbelanja di Alfamart.

10. Pembahasan dan Analisis:
Kemudahan dan kelengkapan penyediaan berbagai produk, tanggung jawab atas kualitas dan penetapan harga, serta tanggung jawab atas keamanan barang dan keselamatan pengunjung maupun pembeli merupakan faktor-faktor paling sesuai antara apa yang diharapkan dengan apa yang dirasakan konsumen.

11. Kesimpulan:
Hasil penelitian yang didapat dengan metode Chi Square dan Skala likert menjelaskan bahwa dilihat dari 8 dimensi, Alfamart dinilai telah berjalan dengan baik, sebagian besar konsumen merasa puas dan mempengaruhi mereka dalam memilih Alfamart sebagai tempat berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar