Senin, 02 April 2012

BAB II

Dikerjakan Oleh: Dewi Tri Fanny NPM: 34209701 Kelas: 3DD01
BAB II

2.1 Gambaran Umum Perusahaan
PT. Finansia Multi Finance dengan brand Kredit Plus, didirikan pada tanggal 09 Juni 1994 dan sekarang telah mempunyai 125 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Memegang ijin usaha untuk menjalankan roda usaha pembiayaan dan kartu kredit. Merupakan suatu badan usaha bersama 2 perusahaan multi nasional (1 perusahaan gabungan profesional Indonesia dan Singapura dan 1 perusahaan Amerika).
Beranjak dari pembiayaan untuk motor, mobil dan alat-alat berat, Kredit Plus membangun usaha dan menjaring konsumen setianya, yang dipertahankan sejak Kredit Plus berdiri sampai dengan tahun 1997. Saat krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998, agar tetap bertahan Kredit Plus melakukan berbagai diversifikasi usaha. Dan akhirnya bangkit kembali pada tahun 1999 dengan produk yang dibiayai terbatas pada motor dan mobil.
Kemudian pada tahun 2001, Kredit Plus kembali melakukan pengembangan produk yang dibiayai dengan menambah produk Elektronik. Dengan hanya membiayai produk Motor dan Elektronik, Kreditplus kembali melaju dalam usaha dan menarik konsumen untuk bergabung dengan Kreditplus sampai dengan tahun 2007.
Disaat perekonomian Indonesia kembali stabil, Kredit Plus pun menambah jumlah produk yang dibiayai menjadi berbagai jenis yaitu Motor Baru, Elektronik, KPR, Kartu Kredit dan Motor Bekas. Tidak hanya terbatas pada pengambangan produk, pengembangan sistem dan jaringan terpadu menjadi perhatian utama dari Kredit Plus dalam rangka memberikan service terbaik kepada konsumen. On line sistem dengan berbagai jaringan Bank yang sudah bekerjasama menjadi jaminan kemudahan yang akan didapatkan di Kredit Plus.
Kecepatan pelayanan dalam pengajuan aplikasi, kemudahan syarat dan pembayaran dipertahankan sampai saat ini sehingga menjadi unggulan dari Kredit Plus untuk bersaing dengan perusahaan pembiayaan lainnya.

2.1.1 Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi Salah Satu Perusahaan Pembiayaan Konsumen Terbesar di Indonesia.

Misi
1.Menyediakan produk dan jasa pembiayaan konsumen yang terbaik untuk masyarakat.
2.Membangun kerangka bagi setiap individu untuk belajar, berkembang, mewujudkan dan menciptakan nilai serta kesempatan.

2.1.2 Layanan dan Produk
Kredit Plus dengan slogan Belanja Nyaman Tanpa Tunai, memberikan serangkaian kemudahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dari sepeda motor, produk - produk alat elektronik, komputer, dan musik secara kredit.
Caranya :
1. Datang ke dealer - dealer yang menjadi rekanan Kredit Plus.
2. Pilih barang yang diinginkan.
3. Petugas Kredit Plus atau toko akan membantu.
Produk yang dibiayai :
• ELEKTRONIK
• MOTOR BARU DAN BEKAS
• KPR

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan
Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Kredit Plus membuat struktur organisasi dengan maksud memberikan gambaran tugas dan wewenang masing-masing bagian dalam perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi memungkinkan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antara satu bagian dengan lainnya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Adapun pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut:

BOM
Bertanggung jawab atas segala fungsi administratif dan support cabang dengan memimpin divisi operation serta melakukan pengembangan - pengembangan agar aktivitas cabang dapat berjalan secara efektif dan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan bisnis cabang.

ADH
Menjalankan fungsi supervisi terhadap proses - proses administrasi cabang, penyimpanan aset dan keuangan di cabang.

CREDIT ADMIN
Menerima aplikasi dari CMO dan menginput data kedalam log book lalu memberikan hasil dari credit analyst ke bagian marketing support.

DATA ENTRY
Melakukan peng-input-an data calon debitur yang ditolak maupun disetujui untuk semua produk dengan benar sesuai dengan data yang ada dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

FINANCE ADMIN
Bertanggung jawab mengenai proses - proses admininstrasi menyangkut dana petty cash, OPEX dan keluar masuknya uang yang ada di cabangnya.

DOC & BPKB CUSTODIAN
a. Menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi dokumen yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
b. Menangani segala sesuatu yang berhubungan penerimaan , Pendataan & penyimpanan BPKB .
INVENTORY CONTROL
Menangani segala hal yang berkaitan dengan penanganan dan administrasi barang tarikan.

COLLECTION ADMIN
Melaksanakan pengadministrasian collection dan pengelolaan kwitansi collector.

CASHIER
Bertanggungjawab melakukan proses penerimaan uang secara tunai maupun transfer dari transaksi atau pembayaran yang dilakukan oleh debitor maupun pihak lain kepada cabang.

PERSONNEL ADMIN & GA
Menjalankan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan HR & GA, seperti rekrutmen, pengelolaan jaminan karyawan, absensi dan lembur, medical klaim, cuti karyawan, perjalanan dinas, pengelolaan
barang cetakan operasional, pengelolaan ATK, serta pengelolaan ass.

CUSTOMER SERVICE
Melakukan pelayanan terhadap konsumen, baik secara tatap muka langsung ataupun tidak, termasuk dalam hal penanganan komplain hingga pengenalan profil dan pemasaran produk perusahaan.

MESSENGER
Pengiriman Dokumen, Melakukan Transaksi dengan Pihak Eksternal, Menyampaikan dan Menerima Pesan/Informasi.

OFFICE BOY
Membersihkan Ruangan Kantor
Melayani Keperluan Tamu di Kantor Cabang
Membantu Pekerjaan PIC Cabang
Memelihara dan Membersihkan Dapur
Memelihara dan Membersihkan Peralatan Kantor
Merawat dan Membersihkan Lingkungan Kantor

1 komentar:

  1. dear mba fanny...
    salam kenal...saya didink yg bekerja dikredit plus jatinegara...bolehkah minta alamat email mba fanny...saya lagi skripsi memerlukan beberapa catatan tentang latar belakang perusahaan pt.finansiaNya mba

    BalasHapus