Minggu, 02 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA TOKO BUKU SEDERHANA ( Yang Diperbaharui 2 )

Analisis jurnal Ilmiah Oleh: Dewi Tri Fanny NPM: 34209701

1. Judul : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Toko Buku Sederhana
Pengarang: Sri Setya Handayani
Tahun :2011

2. Tema: Kepuasan Konsumen

3. Latar Belakang Masalah:
Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan konsumen semakin besar, dan semakin banyak pihak yang menaruh perhatian terhadap hal ini. Pihak yang paling banyak berhubungan dengan pelanggan adalah pemasar, konsumen,
konsumeris, dan para peneliti perilaku konsumen. Persaingan yang semakin ketat, semakin banyak produsen terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Dewasa
ini diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah dengan memberikan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui penyampaian produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

4. Masalah:
- Bagaimanakah pelayanan yang diberikan oleh Toko Buku Sederhana dalam melayani konsumen? Apakah sudah cukup baik atau belum.(Meliputi fasilitas fisik, peralatan, penampilan karyawan, dan materi promosi)
- Apakah para konsumen sudah merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh Toko Buku Sederhana.

5. Tujuan Riset:
Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan di toko Buku Sederhana berdasarkan dimensi Produk, Pelayanan, Harga , dan Tempat.

6. Teori dan Penelitian:
Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Kepuasan akan tercapai dan dapat dinikmati konsumen apabila kualitas produk yang diberikan
mampu memberikan nilai relatif terhadap harapan konsumen. Kualitas dimulai dari kebutuhan konsumen dan berakhir pada persepsi konsumen (Kotler, 1997:8)

7. Metode Penelitian:
- Metode Chi Square
- Skala Likert

8. Ruang Lingkup Materi
Meliputi:
a. Kepuasan konsumen
b. Service pelayanan yang diberikan Toko Buku Sederhana
c. Tingkat kesesuaian layanan

9. Aktivitas / Kegiatan:
Melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa pelanggan, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan jasa, meliputi produk maupun keluhan konsumen terhadap Toko Buku Sederhana.

10. Pembahasan dan Analisis:
Penelitian mengenai Analisis kepuasan konsumen pada Toko Buku Sederhana ini didasari dimensi Produk, Pelayanan, Harga , dan Tempat. Untuk menganalisis kepuasan konsumen tersebut, maka digunakan dua metode yaitu : pertama metode Chi Square dari hasil kuesioner didapat ?² hitung : 37,98 lebih besar dari ?² table : 26,29 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan konsumen terhadap empat dimensi yang diujikan adalah sama. Atau dengan kata lain 50 orang konsumen rata – rata responden merasa PUAS pada pelayanan Toko Buku Sederhana . Dan metode kedua dengan Skala Likert hasilnya juga menunjukkan bahwa rata – rata responden merasa PUAS artinya konsumen pada Toko Buku Sederhana merasa puas terhadap keempat dimensi yang diujikan. Hasil perhitungan dari kedua metode tersebut menyatakan bahwa konsumen merasa puas pada pelayanan Toko Buku Sederhana.

11. Kesimpulan:
Hasil penelitian yang didapat dengan metode Chi Square dan Skala likert menjelaskan bahwa kepuasan konsumen terhadap empat dimensi yang diujikan adalah sama. Atau dengan kata lain 50 orang konsumen rata – rata responden merasa PUAS pada pelayanan Toko Buku Sederhana dan rata – rata responden merasa PUAS artinya konsumen pada Toko Buku Sederhana merasa puas terhadap keempat dimensi yang diujikan. Hasil perhitungan dari kedua metode tersebut menyatakan bahwa konsumen merasa puas pada pelayanan Toko Buku Sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar