Minggu, 23 Oktober 2011

BAB I PENDAHULUAN

Dikerjakan Oleh : Dewi Tri Fanny Kelas : 3DD01 NPM : 34209701

1.1 Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi saat ini yang meliputi banyak aspek, seperti dalam bidang sistem informasi. Perkembangan tersebut memiliki banyak penemuan yang mutakhir untuk mendukug pelaksanaan pekerjaan, maka perlu kiranya informasi yang dihasilkan lebih praktis, cepat, dan akurat. Selain itu, mudah dalam memasukan data, cepat dalam memproses data, dan hasil informasi dapat mudah dibaca dan dipahami, sehingga perkembangan dalam bidang penjualan juga mengalami peningkatan dalam setiap harinya, terutama penjualan sepeda motor. PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan kendaraan roda dua dan elektronik, dimana ada dukungan penjualan secara kredit pada perusahaan yang akan menentukan keberhasilan dalam usaha penjualan sepeda motor dan elektronik. Dengan adanya sistem informasi yang berbasis komputer, akan lebih mudah mendapatkan data mengenai jenis dan type, harga, lamanya angsuran dan besarnya angsuran. Proses pencatatan uang muka dan penyajian data penjualan secara kredit pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok dilakukan secara semi-komputerisasi yaitu data yang diterima oleh bagian counter sales harus dicatat kedalam lembar kerja sebagai arsip dan belum menggunakan media penyimpanan data seperti Cd, Flashdisk, Hardisk dan lain sebagainya. Setelah itu, hasil pencatatan disajikan dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel sehingga terkadang laporan yang disajikan harus dicocokan kembali dengan arsip yang ada. Hal ini menyebabkan pihak perusahaan kesulitan untuk memperoleh data-data yang diperlukan pimpinan terutama laporan penjualan. Hal ini juga mengakibatkan berkurangnya efisiensi dan efektifitas kerja perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi dan media penyimpanan data, sehingga proses pembuatan laporan penjualan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Serta laporan yang dibutuhkan dapat disajikan dengan mudah dan cepat. Berdasarkan uraian di atas, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dalam tugas akhir ini dengan merancang suatu sistem dengan judul “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Secara Kredit Pada PT. Financia Multi Finance, Kredit Plus-Depok”. Sistem ini diharapkan dapat memberikan masukan pada perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan.

1.2 Identifikasi dan Rumusan masalah
1.2.1. Identifikasi Masalah


Dari latar belakang masalah yang ada, penulis mengidentifikasi terdapat beberapa masalah pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok sebagai berikut :
1. Sistem pengolahan data customer dan penjualan sepeda motor secara kredit yang digunakan pada saat ini masih dalam bentuk pencatatan, Sehingga menyebabkan sulitnya dalam melakukan proses pencarian data. Dimana proses penyimpanan data laporan yang dilakukan selama ini masih dalam bentuk dokumen dan belum terintegrasi dengan database, karena program yang ada pada saat ini masih menggunakan Microsoft excell.
2. Sistem pengolahan data yang ada membutuhkan waktu yang relatif lama dan masih menimbulkan ketidakakuratan dalam pengolahan data.
3. Sistem pengolahan data customer dan penjualan sepeda motor secara kredit di bagian counter sales masih dalam bentuk pencatatan secara manual.
4. Pada bagian counter sales, proses pencatatan data customer masih dilakukan secara manual sehingga lebih banyak waktu dan tenaga yang dikeluarkan oleh pegawai.

1.2.2. Rumusan Masalah
Dari penjelasan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan pokok, diantaranya adalah :
1. Bagaimana sistem yang sedang berjalan pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok mengenai penjualan sepeda motor secara kredit.
2. Bagaimana perancangan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Secara Kredit pada Pt. Finansia Multi Finance.
3. Bagaimana implementasi Sistem Informasi yang akan dibuat agar dapat diterapkan oleh perusahaan sehingga menimbulkan efisiensi kerja pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok.
4. Bagaimana pengujian sistem informasi yang akan dibuat sehingga dapat dipakai dan diterapkan baik dalam jangka waktu panjang ataupun dalam jangka waktu yang pendek pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok.

1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dan tujuan yang hendak dicapai dari hasil penelitian yang telah dituangkan dalam LKP ini untuk memperoleh data dan informasi untuk mengemukakan permasalahan yang terjadi pada masalah penjualan sepeda motor secara kredit melalui sistem komputerisasi sehingga berpengaruh terhadap peningkatan produktifitas kerja antara lain :

1.3.1. Maksud Penelitian
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi maka penelitian dan penulisan LKP ini untuk:
1. Untuk menganalisa sejauh mana kemampuan sistem yang sedang berjalan guna mengetahui berbagai kelemahanya.
2. Untuk merancang sistem informasi penjualan kredit motor yang diharapkan mampu untuk mengatasi masalah yang ada.
3. Untuk memudahkan dalam merancang sistem informasi penjualan kredit motor yang sedang berjalan.
4. Mempercepat pekerjaan terutama dalam proses transaksi pengajuan kredit dan pembuatan laporan dengan menggunakan program Visual Basic sehingga waktu yang dibutuhkan lebih efektif dan efisien.



1.3.2. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada masalah yang telah diidentifikasikan diatas, maka tujuan penelitian LKP ini antara lain:

1. Untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok yang selama ini masih dilakukan dengan cara proses pencatatan, pencarian dan penyimpanan berkas.
2. Untuk membuat rancangan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Secara Kredit dimana apabila telah diterapkan oleh pihak perusahaan, Sistem Informasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan pencarian data penjualan sepeda motor.
3. Untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor
Secara Kredit pada PT. Finansia Multi Finance, Kredit Plus-Depok apabila suatu saat perusahaan dapat menerapkan sistem ini dengan baik, dengan sendirinya pihak perusahaan pun dapat melakukan pengolahan data penjualan, sehingga terciptanya efisiensi dalam bekerja.
4. Untuk menguji Sistem Informasi yang dibuat, sejauh mana sistem ini dapat berjalan sehingga pihak perusahaan dapat mengoperasikan dan menerapkannya dengan baik tanpa mengeluarkan waktu dan tenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar