Dikerjakan Oleh: Dewi Tri Fanny NPM: 34209701 Kelas: 3DD01
BENTUK-BENTUK RETAIL
RITEL PRODUK MAKANAN ( Food Retailers )
a) TOKO KONVENSIONAL ( Conventional Supermarkets )
Toko makanan swalayan yang menawarkan barang-barang grosir, daging dan produk non makanan yang dijual secara terbatas, seperti produk kesehatan dan kecantikan serta barang-barang umum lainnya.
Superstores adalah supermarket konvensional yang labeih besar (luas 20,000 – 50,000 m2) dengan layanan diperluas seperti adalah unit makanan hasil laut, roti dan nonfood lainnya.
b) RITEL MAKANAN BIG-BOX ( Big-Box Food Retailers )
Lebih dari 25 tahun, supermarket berkembang menjadi ukuran ritel yang besar dan menjual produk dengan variasi yang lebih banyak, tahun 1998, hanya 41% supermarket di US berbentuk supermarket konvensional.
Ada 3 (tiga) format ritel Big-Box :
- Supercenters
- Hypermarkets
- Warehouse Club
c) TOKO PRODUK KONVINIEN – ( Convenience Stores )
Merupakan toko dengan luas 2000 – 3000 m2.
Di Convenience store, konsumen memungkinkan melakukan pembelian dengan cepat tanpa harus mencari lebih lama atau antri pada kasir. Hanya menjual produk dalam kapasitas yang terbatas. Harga lebih mahal dibanding supermarket.
RITEL PRODUK UMUM ( General Merchandise Retailers )
1. Discount Stores
Merupakan ritel yang menawarkan varietas produk yang banyak, serves terbatas dan harga rendah.
2. Specialty Stores
Ritel ini fokus pada kategori produk komplemeter dalam jumlah yang terbatas dan memberikan layanan level tinggi.Luasnya dibawah 8.000 m2.
3. Category Specialist
Merupakan merupakan toko diskon yang menjual jenis produk dalam jumlah yang sedikit namun banyak macamnya. Ritel ini piawai dalam hal memberikan diskon.
4. Department store
Merupakan ritel yang menawarkan banyak macam produk, menyediakan layanan untuk pelanggan dan menata bagian / department terpisah untuk memajang produk.
5. Drugstores
Merupakan ritel yang khusus menyediakan produk kesehatan dan keperluan pribadi.
6. Off-Price Retailers
Ritel yang menjual produk secara tidak tetap pada suatu produk dan merek. Menjual dalam harga yang rendah.
7. Value Retailers
Merupakan toko diskon yang menjual produk umum, berada pada wilayah penduduk berpenghasilan rendah, lebih kecil dari toko tradisional, konsumen yang bebelanja lebih banyak berharap dapat diskon.
RITEL NON-TOKO ( Nonstore Retail Formats )
1. Electronic Retailing (e-tailing and Internet Retailing)
Merupakan ritel yang melakukan proses jual belinya melalui internet.
2. Catalog and Direct-Mail Retailing
Merupakan ritel yang melakukan proses komunikasi dengan pelanggannya melalui Katalog atau Surat.
3. Direct Selling
Merupakan ritel yang menggunakan salesperson sebagai armada penjualan, menemui konsumen secara langsung ditempat yang nyaman(rumah/kantor), menunjukkan manfaat produk, menerima pesanan dan mengirimkannya kemudian.
4. Television Home Shopping
Format ritel yang menggunakan TV sebagai sarana menawarkan produk kepada konsumen, mendemonstrasikannya dan menerima pesanan melalui telepon.
5. Vending Machine Retailing
Merupakan format Ritel non-toko yang menggunakan mesin sebagai tempat penyimpanan produk dan melayani konsumen yang menginginkan produk setelah memasukkan uang tunai atau credit card.
Nice post, impressive. It’s quite different from other posts. Thanks for sharing
BalasHapushow to make spice incense at home
Wow! Nice stuff. I am very glad that I found your blog. Keep sharing such kind of useful information. Excellent one.
BalasHapusbuy k2 online