Minggu, 10 Juni 2012

STRATEGI PEMASARAN RITEL



Nama              : Dewi Tri Fanny
Kelas / NPM   : 3DD01 / 34209701
  
STRATEGI PEMASARAN RITEL

v  Definisi Strategi Pemasaran Ritel
Strategi Pemasaran Ritel adalah pernyataan yang menjelaskan beberapa hal sebagai berikut:

·         Pemilihan segmen pasar
·         Penentuan format Ritel
·         Pengembangan keunggulan bersaing

v  Bauran Ritel (Ritel Mix)

·         Lokasi
·         Promosi
·         Produk (Keluasan dan Kedalaman serta keragaman produk)
·         Personalia (Pelayanan pelanggan dan penjualan pribadi)
·         Presentasi (Tata Letak dan Suasana)
·         Harga

v  Mengembangkanlan Keunggulan Bersaing yang dapat dipertahankan :

·         Loyalitas Konsumen
·         Lokasi
·         Manajemen SDM
·         Sistem Distribusi dan Informasi
·         Barang Dagangan yang unik
·         Hubungan para pedagang
·         Layanan Konsumen

v  Loyalitas Konsumen

·         Loyalitas konsumen berarti kesetiaan konsumen untuk berbelanja di lokasi ritel tertentu.
·         Loyalitas konsumen adalah metode yang paling penting dalam mempertahankan keuntungan dari pesaing.

v   Beberapa cara membangun loyalitas konsumen

·         Mengembangkan strategi yang jelas dan tepat
·         Menciptakan hubungan emosional dengan para konsumen melalui program loyalitas.
·    Salah satu program yang jelas dalam membangun citra di benak konsumen adalah perlunya menerapkan strategi positioning contoh: Hero membangun citra di benak konsumen, melalui pernyataan positioningnya “think fresh”.

v  Lokasi

·         Lokasi adalah faktor utama dalam pemilihan toko konsumen
·         Lokasi akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis ritel di masa y.a.d

v  Manajemen SDM

Para pegawai memiliki peranan penting dalam memberikan layanan pada konsumen dan membangun loyalitas konsumen.

v  Sistem Distrbusi dan Informasi

Ritel dapat mencapai efisiensi dengan mengembangkan sistem distribusi dan informasi yang baik.

v  Barang Dagangan yang unik

Beberapa ritel menyadari, keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan dengan mengembangkan merk merk berlabel privat (disebut sebagai merk toko) merupakan produk yang dikembangkan dan dipasarkan oleh ritel dan hanya tersedia di ritel tersebut.


v  Hubungan para pedagang

Hubungan yang kuat dengan para pedagang bisa mendapatkan hak-hak eklusif misalnya (1) untuk menjual barang-barang di suatu daerah (2) untuk memperoleh barang terbaik dan pengiriman yang singkat, dll.

v  Layanan Konsumen

Ritel harus mengembangkan secara komprehensif bentuk layanan yang akan diberikan kepada pelanggan.

v  Strategi-strategi pertumbuhan
·         Penembusan Pasar
·         Perluasan Pasar
·         Pengembangan Format Ritel
·         Diversifikasi

v  Kesempatan Strategis dan Keunggulan Bersaing
·        Kesempatan Pertumbuhan Global
·       Keunggulan Bersaing dalam pertumbuhan global

v  Kunci Keberhasilan dalam pertumbuhan Global

·         Keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan secara global
·         Kemampuan untuk menyesuaikan diri
·         Budaya Global
·         Kemampuan Finansial

v  Proses Perencaan Ritel Strategis

·         Langkah 1: Jelaskan Tujuan Bisnis/Misi Bisnis
·         Langkah 2: Lakukan Audit Situasi
·         Langkah 3: Temukan berbagai peluang strategis
·         Langkah 4: Evaluasi berbagai peluang strategis
·         Langkah 5: Tentukan tujuan-tujuan khusus dan alokasi berbagai sumber daya
·         Langkah 6: Laksanakan strategi
·         Langkah 7: Evaluasi Pengelolaan dan Buat Penyesuaian